Menurut Sulthanul Auliya, terdapat 7 prinsip dasar bagi salik dalam bertarekat,
yakni:
1. Mujahadah
Allah SWT berfirman,, “Orang-orang yag berjihad (mencari keridhaan) Kami,
benar-benar akan Kami tunjukan kepada mereka jalan-jalan Kami,” (Al-‘Ankabut
[29]: 69).
Imam Juneid Al-Baghdadi mengatakan, “Aku mendengar As-Sari As-Saqathi berkata,
‘Wahai anak muda! Bekerja keraslah sebelum kalian mencapai usia sepertiku yang
lemah dan tak bisa melakukan amal secara optimal.’ Hal ini dikatakan beliau
setelah melihat tidak ada anak-anak muda yang gigih beribadah seperti dirinya.”
Ibrahim bin Adham menjelaskan bahwa seseorang tidak akan mencapai derajat
orang-orang yang shaleh hingga ia melawati enam perkara: 1) Menutup pintu nikmat
dan membuka pintu kesusahan; 2) Menutup pintu kemuliaan dan membuka pintu
kehinaan; 3) Menutup pintu istirahat dan membuka pintu kerja keras; 4) Menutup
pintu tidur dan membuka pintu begadang; 5) Menutup pintu kekayaan dan membuka
pintu kemiskinan; 6) Menutup pintu harapan dan membuka pintu persiapan
menyambut kematian.
2. Tawakal
Allah SWT berfirman, “Barang siapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah
akan mencukupi keperluannya (QS Ath-Thalaq [65]: 3). Hanya kepada Allah
hendaknya kamu bertawakal, jika kamu benar-benar orang yang beriman,” (QS
Al-Maidah [5]: 23)
Anas ibn Malik r.a. meriwayatkan, seorang laki-laki menemui
Rasulullah SAW dengan mengendarai seekor unta. Ia bertanya, “Wahai Rasulullah,
bolehkah aku membiarkan untaku tanpa diikat, lalu aku bertawakal?” Beliau
menjawab, “Ikat dulu untamu! Lalu bertawakal!”
Abu Turab Al-Nakhsyabi mengatakan, tawakal adala melemparkan badan dalam
penghambaan (‘ubudiyyah) dan mengaitkan kalbu dengan ketuhanan (rububiyyah),
serta merasa tenang dengan apa yang ada. Jadi, jika diber, dia bersyukur dan
jika tidak diberi, dia bersabar.”
3. Akhlak
Allah berfirman, “Sesungguhnya kamu benar-benar berakhlak agung,” (Al-Qalam
[68]: 4). Anas ibn Malik ra. berkata bahwa Rasullah Saw. pernah ditanya tentang
orang mukmin yang imannya paling utama. Beliau menjawab, “Yang paling baik
akhlaknya.”
Akhlak adalah hal yang paling utama karena akhlak mencerminkan
jati diri yang sebenarnya. Manusia terkubur oleh kelakuannya dan terkenal
karena kelakuannya juga. Ada yang mengatakan, akhlak yang baik diberikan secara
khusus oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad Saw. sebagaimana mukjizat dan
keutamaan yang Dia berikan kepadanya. Namun, Allah tidak memuji beliau karena
prestasi beliau seperti pujian-Nya kepada beliau karena akhlak beliau. Ada yang
berpendapat, Allah memuji Nabi Muhammad karena akhlaknya yang agung karena
beliau adalah orang yang mendermakan dunia dan akhirat (jad bi al-kaunain) dan
mencukupkan diri dengan Allah. Budi pekerti yang agung berarti tidak memusuhi
dan tidak layak dimusuhi karena makrifat yang mendalam akan Allah.
4. Syukur
Allah berfirman, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah
(nikmat)mu,” (Ibrahim [14]: 7). Menurut ahli hakikat, syukur adalah mengakui
nikmat yang diberikan oleh pemberi nikmat secara khusus. Allah menyebut dirinya
sebagai “Yang Maha Mensyukuri” (al-Syakur) dalam arti yang meluas. Maksudnya,
dia akan membalas para hamba atas syukur mereka.
Ada yang mengatakan, hakikat syukur adalah memuji orang yang telah berbaik hati
memberi (al-muhsin) dengan mengingat-ingat kebaikannya. Syukur hamba kepada
Allah berarti memuji-Nya dengan mengingat-ingat kebaikan yang Dia berikan.
Sementara, syukur Allah kepada hamba adalah pujian-Nya atas si hamba dengan
menyebut kebaikannya kepada-Nya. Selanjutnya, kebaikan budi hamba adalah
ketaatannya kepada Allah, dan kebaikan budi Allah adalah kemurahan-Nya
memberikan nikmat kepada hamba.
5. Sabar
Allah berfirman, “Bersabarlah (hai Muhammad) dan tiadalah kesabaranmu itu
melainkan dengan pertolongan Allah,” (An-Nahl [16]: 127). Aisyah ra
meriwayatkan, Nabi Saw. bersabda, “Sabar yang sesungguhnya adalah sabar ketika
menghadapi guncangan yang pertama.” Seorang laki-laki mengadu kepada Rasulullah
Saw, “Wahai Rasulullah, hartaku telah habis dan tubuhku digerogoti penyakit.”
Nabi Saw. menukas, “Tidak ada kebaikan pada hamba yang tidak kehilangan
hartanya dan tidak sakit tubuhnya. Sesungguhnya jika Allah SWT. mencintai
seorang hamba, maka Dia timpakan cobaan kepadanya.
Jika Dia menimpakan cobaan kepadanya maka Dia akan membuatnya bersabar.”
Sabar ada tiga macam, 1) Sabar karena Allah, yakni sabar dalam menjalankan
perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. 2) Sabar bersama Allah, yakni sabar
menerim qadha dan skenario Allah pada dirimu berupa cobaan dan kesulitan. 3)
Sabar atas Allah, yakni bersabar menanti apa yang dijanjikan Allah berupa rezeki,
bebas dari masalah, kecukupan, pertolongan, dan ganjaran di akhirat.
6. Ridha
Allah berfirman, “Allah meridai mereka dan mereka pun meridai Allah,”
(Al-Maidah [5]: 119). Rasulullah bersabda, “(Manis) rasa keimanan hanya bisa
dicicipi oleh orang yang rida menerima Allah sebagai Tuhan.” Allah juga
berfirman, “Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu. Dan
boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Allah
mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui,” (Al-Baqarah [2]: 216).
Abu Ali Al-Daqqaq ra mengatakan, rida bukanlah tidak merasakan cobaan, akan
tetapi rida sesungguhnya adalah tidak memprotes ketentuan dan qadha. Apakah
seseorang bisa mengetahui bahwa Allah meridainya? Dia bisa mengetahuinya. Jika
seseorang merasakan hatinya rida kepada Allah maka dia tahu bahwa Allah rida
kepadanya.
7. Jujur (Shiddiq)
Allah berfirman, “Hai orang-orang yang beriman bertakwalah kepada Allah dan
hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar,” (At-Taubah [9]: 119).
Diriwayatkan Abdullah ibn Mas’ud ra bahwa Rasulullah Saw bersabda, “Jika
seorang hamba selalu berkata benar dan terus bergiat mengupayakan kebenaran,
maka Allah akan menetapkannya sebagai shiddiq (orang yang selalu berkata
benar).”
Shidq adalah pilar dan penyempurna segala hal. Ia merupakan derajat kedua
setelah derajat kenabian. Shadiq adalah sifat yang melekat pada seseorang yang
jujur/berlaku benar. Sedangkan shiddiq adalah bentuk mubalaghah (hiperbola),
diberikan kepada orang yang terus-menerus melakukan kejujuran/kebenaran,
sehingga menjadi kebiasaan dan karakternya. Ada tiga hal yang menjadi buah
manis orang yang berlaku shidq dan tidak akan lepas darinya: kenikmatan,
wibawa, dan keramahan.
--Disarikan dari At-Tasawwuf dalam kitab Al-Gunyah Lithalibi
Thariq Al-Haqq karya Syekh Abdul Qadir Al-Jailani--
Tidak ada komentar:
Posting Komentar