Jumat, 15 September 2017

BUATLAH HARI KIAMAT DALAM DIRIMU

Syekh Abdul Qadir Al-Jailani mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Pergaulilah seluruh manusia dengan akhlak yang baik. Jika kalian meninggal dunia, maka mereka akan memohonkan rahmat untuk kalian. Dan, bila kalian hidup, maka mereka senantiasa akan merindukan kalian.” (HR Ahmad)
Dengarkanlah nasihat tersebut dengan kalbu kalian dan janganlah melupakannya! Rasulullah SAW telah menunjukkan sebuah amalan yang mudah, namun memiliki banyak pahala. Alangkah baiknya akhlak yang baik,sebab akhlak ini akan membawa ketentraman bagii pelakunya dan orang lain di sekelilingnya. Alangkah buruknya akhlak yang tercela, karena akhlak tersebut akan menyebabkan kelelahan bagi pelakunya dan orang lain.
Selayaknya seorang Mukmin berjihad melawan hawa nafsunya agar mampu memperbaiki akhlaknya. Jejak dari hawa nafsu adalah kesombongan, kemarahan, serta menghina orang lain. Berjihadlah melawan hawa nafsu sampai nafsu merasa tenang. Jika sudah tenang, maka nafsu tersebut akan bersikap tawadhu, merasa hina, dan menjadi baik.
Wajibkanlah nafsumu untuk selalu berdzikir, mengingat kematian dan segala sesuatu yang ada di baliknya, maka nafsu itu akan merendah dan menjadi baik.
Laranglah nafsu dari segala bagian rezeki dan tuntunlah untuk menjalankan segala haknya. Peganglah nafsu dengan tangan pemikiran, masukannlah ke dalam neraka dan surga, sampai nafsu tersebut dapat melihat semua yang ada di dalamnya.
Pikirkanlah tentang hari kiamat. Buatlah hari kiamat tersebut terjadi di dalam dirimu, sebelum benar-benar terjadi. Hari Kiamat merupakan hari kebangkitan kebahagiaan bagi suatu kaum dan menjadi kegelisahan pada sebagian yang lain, menjadi hari raya bagi sebagian kaum dan menjadi hari ratapan bagian sebagian yang lainnya. Pada hari itu, seluruh amalan-amalan mereka telah menjadi nyata, zahir, dan ada cahaya tampak di wajah mereka.”

--Syekh Abdul Qadir Al-Jailani dalam Kitab Jala’ Al-Khathir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar